donasi

BerandaKabarPPKM Goes To PKN STAN

PPKM Goes To PKN STAN

Pada tahun 2016, dua orang anggota PPKM Indonesia yaitu Diah Cintya dan Fikriyah Winata memberikan TOC (Training of Community) kepada mahasiswa program Diploma I PKN STAN. Saat itu, mahasiswa yang diberikan pelatihan sudah menjelang lulus.

Jumlah mahasiswa yang terdapat di Balai Diklat Keuangan Denpasar, terdiri dari 120 orang mahasiswa yang merupakan 90 orang mahasiswa program diploma pajak dan 30 orang mahasiswa program diploma Bea dan Cukai. Mahasiswa ini menempuh pendidikan D1 dengan masa kuliah 1 tahun. Usia rata-rata mahasiswa adalah 18 tahun. Setelah menempuh pendidikan, mahasiswa ini akan langsung memasuki dunia kerja. Mahasiswa ini akan magang selama paling lama 1 tahun, lalu menjadi pegawai dengan penghasilan tetap. Dengan demikian, mereka akan mengelola penghasilan tetap di Usia 19-20 tahun.

Beberapa fakta dilapangan bahwa para pegawai muda ini sering kali kurang mampu mengelola keuangannya. Usia muda dengan penghasilan tetap yang relatif cukup tinggi (4-5 juta) membuat kecenderungan pola hidup konsumtif. Banyak dari mereka yang belum mengenal instrumen investasi, bahkan ada beberapa yang kurang aware jika ada yang namanya financial planning/financial literacy.

Sasaran dari kegiatan TOC ini adalah :

  1. Peserta dapat memahami peran financial literasi dan pentingnya financial inclusion (peran PPKM).
  2. Peserta mampu membuat tujuan keuangan jangka pendek yang SMART(2017).
  3. Peserta mampu membuat rencana keuangan dan membukukan pengeluaran harian.
  4. Peserta memahami pentingnya menabung.
  5. Peserta mengenal instument investasi.

Dokumentasi :

PPKMgoestoPKNSTAN1 PPKMgoestoPKNSTAN2
PPKMgoestoPKNSTAN3 PPKMgoestoPKNSTAN4
PPKMgoestoPKNSTAN5 PPKMgoestoPKNSTAN6

logo ppkm footer