donasi

BerandaKabarPPKM Goes To School - SMA PGRI 1 Bekasi

PPKM Goes To School - SMA PGRI 1 Bekasi

Rangkaian Kegiatan PGTS dilaksanakan selama bulan April sampai dengan bulan Mei 2015. Pada tanggal 6 Mei 2015, kegiatan PGTS ditutup dengan pelaksanaan pelatihan di SMA PGRI 1 Bekasi. Awalnya SMA PGRI 1 Bekasi akan menjadi sekolah pertama yang melaksanakan kegiatan PGTS. Namun, dikarenakan kendala internal dan teknis, akhirnya SMA PGRI 1 Bekasi menjadi juru kunci dilaksanakannya kegiatan ini. Bagi teman-teman yang belum tahun mengenai sekolah ini, SMA PGRI 1 Bekasi merupakan salah satu sekolah yang terletak di Bekasi, tepatnya di Jalan Cirebon, Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Jawa Barat. Lokasi ini cukup jauh dari Stasiun Bekasi. Lokasi SMA PGRI 1 Bekasi sangat mudah ditemui karena posisinya yang berdekatan dengan sekolah-sekolah yang lain.

Dua orang internship PPKM Indonesia yang bertanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan ini sudah standby di SMA PGRI 1 Bekasi. Mereka adalah Diah Cintya Utami dan Nandia Dwi Putri. Selain mempersiapkan kegiatan, Diah dan Nandia juga sekaligus berperan sebagai pemateri untuk sekitar 36 siswa kelas IX. Para siswa yang dilibatkan dalam pelatihan merupakan siswa kelas XI jurusan IPA dan beberapa pengurus OSIS. Dalam perbincangan lebih lanjut, pihak sekolah sangat terbuka apabila PPKM mempunyai sumber daya untuk melatih lebih banyak siswa lagi di kemudian hari.

Sebelum memulai kegiatan di kelas, kami bertemu terlebih dahulu dengan Ibu Widi yang merupakan wakil kepala sekolah yang selama ini menjalin kontak dengan PPKM Indonesia yaitu Nandia Dwi Putri. Beliau begitu antusias dan supportif selama pelaksanaan kegiatan. Beliau sangat mendukung jalannya acara mulai dari tahap persiapan sampai dengan acara selesai dilaksanakan.

Pelatihan dimulai pada siang hari setelah jam istirahat kedua dan akan dilaksanakan selama kurang lebih 150 menit. Waktu yang singkat untuk melaksanakan kegiatan dan sekaligus evaluasi. Pada pukul 12.15, Ibu Widi membuka acara di kelas dan memperkenalkan tim PPKM kepada siswa, selanjutnya seluruh kegiatan dilaksanakan oleh tim PPKM. Kegiatan diawali dengan pemberian pretest kepada siswa mengenai materi yang akan disampaikan. Dalam kegiatan pretest, beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memahami maksud soal dikarenakan beberapa siswa agak kesulitan dengan bacaan berbahasa Inggris. Setelah melaksanakan pretest selama 10 menit, agenda dilanjutkan dengan pemberian materi.

Dalam pelatihan kali ini, PPKM menyampaikan dua materi pokok yaitu mengenai tujuan keuangan dan menjadi konsumen yang cerdas. Pada sesi pertama, siswa diajak berdikusi mengenai tujuan keuangan yang smart, strategi mencapai tujuan keuangan, dan membuat agenda keuangan mingguan. Penyampaian materi Diah Cintya disambut cukup antusian oleh siswa. Materi tujuan keuangan ini selain mengarahkan siswa untuk belajar membuat tujuan keuangan yang SMART, PPKM juga mengharapkan para siswa dapat mulai memikirkan untuk menabung dan berhemat. Meskipun materi ini disampaikan di saat jam kritis, respon dari siswa sungguh luar biasa. Rata-rata para siswa memang masih asing dengan konsep tujuan keuangan yang smart. Mereka begitu antusias dalam menyimak materi dan begitu aktif dalam mengikuti permainan terkait dengan tujuan keuangan. Penyampaian materi ini membutuhkan cukup banyak waktu karena siswa perlu dijelaskan secara mendetail mengenai konsep ini.

Materi kedua yaitu konsumen yang cerdas disampaikan lebih banyak dalam bentuk permainan keuangan. Materi ini dipandu oleh Nandia Dwi Putri. Nandia menyampaikan pesan mengenai teknik promosi, iklan dan pemahaman tentang uang melalui permainan tebak iklan. Para siswa begitu semangat dan responsif dalam permainan tebak iklan. Hasil permainan ini cukup menarik. Berbeda dengan tebakan harga siswa di pusat kota jakarta yang cenderung overvalued, para siswa di SMA 1 PGRI Bekasi cenderung undervalued dalam menebak harga. Hasil ini menunjukkan bahwa para siswa di pinggiran mempunyai persepsi yang berbeda dengan para siswa di pusat kota.

Penyampaian materi di tutup dengan pengisiaan posttest dan penyampaian testimoni dari para siswa. Beberapa siswa menyatakan sangat senang menerima pelatihan PPKM. Ada pula yang menyatakan akan mulai mengaplikasikan strategi mencapai tujuan keuangan. Hal ini juga sejalan dengan hasil posttest yang mengindikasikan peningkatan pemahaman akan materi yang disampaikan.  Tim PPKM puas atas partisipasi siswa dan berharap akan segera dapat melaksanakan literasi keuangan di sekolah lainnya.

Dokumentasi kegiatan PGTS SMA PGRI 1 Bekasi

Lamp1-SMA1PGRI Lamp2-SMA1PGRI

 

logo ppkm footer